Perangkat Jaringan
Repeater
Repeater adalah perangkat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI sehingga wilayah yang tidak dapat menangkap sinyal WIFI, bisa menangkap sinyal WIFI. Harus ada 2 alat untuk repeater, yaitu alat untuk menerima sinyal dari server (Cilent) dan alat untuk menyebarkan sinyal WIFI (Accespoint). Berikut fungsi-fungsinya :
Untuk memperluas sinyal dari server (pemancar)
Untuk mempermudah akses sinyal WIFI dari server
Cara kerja repeater pada dasarnya adalah menerima data dan kemudian memancarkannya kembali, didalam perangkat ini telah terdapat dua jenis komponen yang digunakan untuk menerima data dan komponen yang satunya digunakan untuk mengirim data.  Sistem yang digunakan oleh repeater untuk meningkatkan frekuensi data ada dua macam yaitu sistem analog dan sistem digital. Pada sistem analog ini data yang dikirim oleh repeater memiliki kualitas berbanding lurus dengan konsumsi daya listrik, sedangkan pada sistem digital ini data yang diterima akan diperbaiki kualitasnya sebelum data tersebut dikirim kembali.
Bridge
Birdge adalah perangkat jaringan yang beroperasi di OSI Layer 2, data link. Perangkat tersebut untuk membuat sebuah segmen jaringan atau memperluas jaringan. Bisa juga untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda. Contoh atara kabel UTP dengan kabel serat optik atau bisa juga dengan dua buah arsitektur jaringan yang berbeda. Berikut fungsi-fungsinya :
Untuk membagi jaringan menjadi dua buah jaringan.
Untuk mengatur informasi antar network agar tertib.
cara kerja bridge ini bisa disamakan seperti Repeater. Repeater ini bekerja yakni dengan proses menerima sinyal yang datang dari sebuah kabel jaringan dan juga melaksanakan amplifikasi pada sinyal itu, lalu kemudian itu mengirimkan sinyal itu ke kabel jaringan yang lainnya. Repeater itu juga melakukan proses ini secara buta tanpa mengamati isi pesan yang terkandung di dalam sinyal tersebut.
Kelebihan dari Bridge ini ialah hanya dapat bekerja pada lapisan Data Link,  sehingga dari hal tersebut tidak dapat terjadinya transmisi dari satu protokol ke protokol lainnya. Sedangkan kekurangan Bridge ini mempunyai kekurangan seperti tidak dimungkinkannya transmisi dengan jalur atau protokol yang berbeda. Serta bridge juga hanya dapat meneruskan paket dai 1 jaringan ke jaringan yang lain dengan kecepatan 10 MBPS.
Network Interface Crad (NIC)
NIC adalah perangkat keras yang berbentuk kartu dengan kegunaan untuk menjadi jembatan komputer ke sebuah jaringan komputer. Tugas utama dari NIC adalah untuk mengubah aliran data berbentuk paralel didalam bus sebuah komputer menjadi aliran data yang berbentuk serial,  sehingga nantinya aliran data yang berbentuk serial tersebut bisa atau dapat saling di transmisikan itu di dalam media jaringan kompute.   Berikut fungsi-fungsinya :
Sebagai media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan.
Untuk mengontrol data flow antar komputer dan sistem kabel.
Untuk menerima data yang dikirim dari komputer melalui kabel.
Cara kerja NIC ini mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial yang dapat ditransmisikan kedalam media jaringan. Tiap-tiap NIC tersebut mempunyai suatu kode unik tersendiri, yang berarti hanya ada satu, yang tediri atas 12 digit kode yang disebut dengan sebutan MAC Address( Media Access Control).

Komentar

Postingan Populer